Menu

Mode Gelap
“Pacingkreman”, Kearifan Lokal Bali yang Mendasari Pendirian LPD Rayakan HUT ke-38, SMA Paris Klungkung “Rises From Pandemic” Perjanjian Adat Sekala-Niskala Bisa Minimalisasi Kegagalan Kredit di LPD Bali United Optimistis Tatap Laga Lawan Visakha, Begini Prediksi Berbagai Media Fakta Menggelitik di Balik Indahnya Pesona Hutan Adat Demulih

Bali Pariwara · 1 Agu 2022 17:04 WITA ·

Rayakan HUT ke-38, SMA Paris Klungkung “Rises From Pandemic”


					Kepala SMA Pariwisata PGRI Dawan, Klungkung, IBG Parwita (paling kanan) didampingi Ketua Komite, I Wayan Suartha, para guru dan panitia memotong tumpeng tanda perayaan HUT ke-38 sekolah yang dikenal dengan sebutan SMA Paris Klungkung itu, Senin, 1 Agustus 2022. (balisaja.com/panitia) Perbesar

Kepala SMA Pariwisata PGRI Dawan, Klungkung, IBG Parwita (paling kanan) didampingi Ketua Komite, I Wayan Suartha, para guru dan panitia memotong tumpeng tanda perayaan HUT ke-38 sekolah yang dikenal dengan sebutan SMA Paris Klungkung itu, Senin, 1 Agustus 2022. (balisaja.com/panitia)

SMA Pariwisata PGRI Dawan Klungkung yang dikenal dengan sebutan SMA Paris merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-38 pada Senin, 1 Agustus 2022. Perayaan dilakukan secara internal di halaman sekolah setempat dimeriahkan pentas hiburan dengan menampilkan penyanyi lagu pop Bali, Ray Peni serta sejumlah musisi lokal Klungkung yang juga alumni SMA Paris, seperti The Deris Band dan Sparky Band. Perayaan HUT mengusung tema “Rises From Pandemic” yang bermakna bangkit bersama dari pandemi Covid-19.

Kepala SMA Paris, IBG Parwita menjelaskan perayaan HUT ke-38 memiliki keistimewaan karena panitianya sepenuhnya siswa, khususnya yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Biasanya, panitia perayaan HUT diketuai para guru sedangkan siswa hanya membantu. Kini ketua panitia perayaan dan panitia utama diambil dari siswa, sedangkan guru-guru hanya menjadi pembina dan pengarah.

“Ini untuk memberi pengalaman siswa untuk mengelola kegiatan. Kemandirian ini modal penting dalam membantuk jiwa kewirausahaan karena siswa SMA Paris keunggulannya memang keterampilan kewirausahaan di bidang kepariwisataan,” kata Parwita.

Menurut Parwita, perayaan HUT dua tahun terakhir dilaksanakan secara sederhana karena suasana pandemi. Kini, setelah pandemi bisa terkendali dan kegiatan belajar-mengajar diizinkan secara tatap muka, perayaan HUT kembali dilaksanakan dengan melibatkan seluruh siswa. “Semoga dengan semangat kebangkitan ini, pandemi segera berlalu dan SMA Paris berkibar lagi dan makin berprestasi,” tandas IBG Parwita.

Ketua Komite SMA Paris, I Wayan Suartha bangga dengan kemampuan dan keguyuban para siswa menjadi panitia perayaan HUT ke-38. Hal itu, kata Suartha, menjadi cerminan proses belajar-mengajar dan pendidikan secara umum di SMA Paris berhasil.

“Beginilah SMA Paris mendidik dan menempa siswanya agar tak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga secara sosial menjadi pribadi-pribadi yang mandiri. Buktinya memang banyak alumni SMA Paris yang mandiri membuka usaha, termasuk menjadi musisi dan mendirikan band, seperti dua band yang tampil hari ini,” kata Suartha.

Perayaan HUT ke-38 SMA Paris dilaksanakan sejak 25 Juli hingga 1 Agustus 2022. Berbagai kegiatan digelar secara internal, antara lain lomba kebersihan, balon cinta, lomba ambil koin, lomba estafet air, lomba estafet kelereng, lomba meniup bola ping pong, lomba membaca pembukaan UUD 1945, lomba cerdas cermat, serta lomba menulis cerpen dan puisi. Selain itu juga ada kegiatan jalan santai dan donor darah. Tak hanya itu, SMA Paris juga tetap menggelar kegiatan ikonik saban HUT, yaitu bazar makanan. Kali ini bertajuk “Paris Fest Restaurant” selama 27-29 Juli 2022.

“Tujuan kegiatan ini untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, menjalin kerja sama dan rasa kebersamaan di antara siswa, memupuk jiwa dan semangat sosial siswa, membentuk rasa kepedulian siswa terhadap sekolah serta meningkatkan kemampuan berorganisasi siswa,” kata Ketua Panitia, Ni Kadek Mahadewi.

Puncak perayaan HUT diisi dengan penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba dan pemotongan tumpeng. Yang menarik, perayaan HUT kali ini juga diisi dengan perayaan bersama siswa yang berulang tahun bersamaan dengan HUT SMA Paris. Ada dua siswa yang HUT-nya dirayakan, yakni I Gede Agus Juliartawan (kelas XI P. IPS2) serta Putu Angga (kelas XII P. IPS2).

“Saya senang karena ulang tahun saya ikut dirayakan saat ulang tahun sekolah. Terima kasih banyak. Selamat ulang tahun juga untuk SMA Paris, semoga makin jaya dan sukses selalu,” kata Angga.

SMA Paris dikenal sebagai salah satu SMA swasta pilihan di Klungkung. Tercatat ada 509 siswa yang menempuh pendidikan di sekolah ini. Mereka tak hanya dari Klungkung, tapi juga dari Karangasem dan Bangli. Sekolah yang berlokasi di Jalan Flamboyan 57 Semarapura ini memiliki keunggulan khusus keterampilan kewirausahaan di bidang kepariwisataan. Banyak lulusannya diserap di industri pariwisata atau mandiri membuka usaha sendiri di bidang kuliner dan lainnya.  (b./pwr)

Artikel ini telah dibaca 184 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Graha Wicaksana: Penataan Pantai Kuta Sudah Memperhatikan Kebutuhan Nelayan

12 Juni 2022 - 18:39 WITA

Beriang-riang Literasi Akar Rumput Kolaborasi KDBB-UPMI

4 Juni 2022 - 16:41 WITA

Kompak Ikut Sipadat Plus LPD Kedonganan, Krama Ngarep Dapat Jaminan Dana Ngaben Rp 16 Juta

11 Januari 2022 - 09:50 WITA

Siasat LPD Kedonganan Jaga Loyalitas Krama dan Nasabah di Masa Pandemi

8 November 2021 - 08:27 WITA

Kepala SMA Paris Lepas 285 Siswanya dengan Petikan Puisi Chairil

20 Mei 2021 - 15:47 WITA

Program “Mapatung” Galungan Perkokoh Daya Tahan LPD Kedonganan di Masa Pandemi

12 April 2021 - 10:50 WITA

Berbagi daging babi Galungan.
Trending di Bali Pariwara