Menu

Mode Gelap
Integrasi Literasi dalam Pembelajaran dan Digital Kultur: Workshop Literasi-Numerasi SMPN 1 Selemadeg Timur Tunduk Pada Pararem, LPD Kedonganan Terapkan Laporan Keuangan Adat Bebantenan, Cara Manusia Bali Menjaga Alam Semesta SMAN 1 Ubud dan SMAN 2 Semarapura Juarai Lomba Bulan Bahasa Bali di UPMI Bali Bulan Bahasa Bali VI Jalan Terus, Tapi di Hari Coblosan “Prai” Sejenak

Bali Pariwara · 20 Agu 2023 05:24 WITA ·

Keragaman Fantasi dalam Festofantasy HUT ke-39 SMA Paris


					Puncak perayaan HUT ke-39 SMA Pariwisata PGRI Dawan Klungkung (SMA Paris). Perbesar

Puncak perayaan HUT ke-39 SMA Pariwisata PGRI Dawan Klungkung (SMA Paris).

Semangat muda, keragaman, dan fantasi. Itulah kata kunci dalam ajang perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-39 SMA Pariwisata PGRI Dawan Klungkung atau dikenal dengan nama SMA Paris Klungkung pada Sabtu, 19 Agustus 2023. Kegiatan bertajuk Festofansity yang merupakan singkatan dari Just Be Free, Spark The Youth Spirit and Join This Fantasia Diversity. Maknanya, “bebas saja, nyalakan semangat muda dan bergabunglah dengan keragaman fantasi ini”.

Ketua Panitia HUT ke-39 SMA Paris, Ni Putu Trisna Pradewi, tema utama perayaan HUT, yakni unity and diversity (kesatuan dan keragaman). Tema ini dilatarbelakangi oleh harapan untuk menggali keragaman kreativitas dan imajinasi para siswa agar mereka menjadi generasi muda yang berani tampil dan penuh energi kreatif.

“Semangat merayakan keragaman itu kan jadi semangat Indonesia. Nah, perayaan HUT SMA Paris ini berbarengan dengan perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan RI. Melalui Festofantasy ini kita mengajak teman-teman merayakan keberagaman melalui kreativitas yang terus menyala,” ujarnya.

Pradewi menjelaskan Festofantasy dimeriahkan oleh 20 jenis lomba dan 4 kegiatan non lomba. Lomba-lomba yang digelar di antaranya lomba menjaga lilin, lomba estafet karet, lomba menatap mata, lomba kebersihan kelas, Paris Go Talent, lomba dance, lomba karaoke solo, lomba lari 100 m, lomba lari estafet, lomba tarik tambang, lomba bakiak, lomba cipta puisi, lomba membaca pembukaan UUD 1945, lomba membuat poster, lomba cerdas cermat, fashion show, story telling, lomba balap karung pakai helm, lomba hulahup, dan turnamen futsal. Sementara kegiatan nonlomba meliputi color run, jalan santai, pemotongan kue dan tumpeng, serta pentas hiburan. Pentas hiburan dimeriahkan oleh penyanyi lagu pop Bali, Nanoe Biroe.

Kepala SMA Paris, IBG Parwita mengungkapkan perayaan HUT ke-39 SMA Paris digarap oleh siswa, sedangkan guru-guru sebagai pendamping. “Kami memang ingin mendorong siswa lebih mandiri dan bertanggung jawab mengelola suatu kegiatan,” kata Parwita.

Hari ulang tahun SMA Paris sebenarnya jatuh pada 1 Agustus 2023. Namun, karena dalam suasana hari raya Galungan dan Kuningan, kegiatan perayaan diundur menjadi minggu ketiga. Perayaan HUT pun dikaitkan dengan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI.

Menurut Parwita, memasuki usia hampir empat dasa warsa, SMA Paris makin kokoh dan berkibar sebagai salah satu SMA favorit di Kabupaten Klungkung, bahkan di wilayah Bali Timur. Pada penerimaan siswa baru tahun ajaran 2023/2024 ini, jumlah peserta didik baru meningkat hampir 50%. Selain itu, asal sekolah para peserta didik baru juga tidak hanya dari SMP-SMP yang ada di Klungkung melainkan juga dari Karangasem dan Bangli. Tak hanya itu, asal sekolah para peserta didik juga makin beragam, termasuk dari SMP-SMP unggulan di Kabupaten Klungkung.

“Ini menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap SMA Paris terus meningkat bahkan makin kuat,” kata Parwita.

SMA Paris, kata Parwita, tetap memegang komitmen untuk menyiapkan anak didiknya menjadi generasi yang bermutu, taqwa, terampil, dan bekesadaran ajeg Bali. Denfan keunggulan plus pariwisata, SMA Paris membekali anak didiknya dengan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang pariwisata sehingga mereka siap jika akan melanjutkan kuliah maupun hendak berwirausaha mandiri. (b./bpw)

  • Laporan: pariwara
  • Foto: SMA Paris
  • Penyunting: I Ketut Jagra
Artikel ini telah dibaca 148 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Edukasi Kesejahteraan Hewan, Ajak Anak-anak Kenali Zoonosis

18 Agustus 2023 - 22:44 WITA

MPLS di SMA Paris Klungkung, Siswa Baru Diajak Jauhi Perundungan

15 Juli 2023 - 11:47 WITA

Kolaborasi Pasraman Citta Dharma Santi dan LPD Kedonganan Gelar “Pangruwatan Sapuh Leger”

29 April 2023 - 19:01 WITA

Hujan Tangis Warnai Apel Puputan Klungkung SMA Paris

28 April 2023 - 23:30 WITA

SMA Paris, Pilihan Pas dengan 5 Plus 7 Keunggulan

15 April 2023 - 12:17 WITA

Pasraman Saraswati Legian Meriahkan Pawai Ogoh-ogoh di Beachwalk Kuta

21 Maret 2023 - 11:08 WITA

Trending di Bali Pariwara