Menu

Mode Gelap
Integrasi Literasi dalam Pembelajaran dan Digital Kultur: Workshop Literasi-Numerasi SMPN 1 Selemadeg Timur Tunduk Pada Pararem, LPD Kedonganan Terapkan Laporan Keuangan Adat Bebantenan, Cara Manusia Bali Menjaga Alam Semesta SMAN 1 Ubud dan SMAN 2 Semarapura Juarai Lomba Bulan Bahasa Bali di UPMI Bali Bulan Bahasa Bali VI Jalan Terus, Tapi di Hari Coblosan “Prai” Sejenak

Bali Pariwara · 15 Apr 2023 12:17 WITA ·

SMA Paris, Pilihan Pas dengan 5 Plus 7 Keunggulan


					Siswa SMAS Paris Klungkung sedang melaksanakan praktik kepariwisataan. Perbesar

Siswa SMAS Paris Klungkung sedang melaksanakan praktik kepariwisataan.

Memilih itu bebas. Namun, selalu tak mudah untuk menentukan pilihan. Begitu pula siswa SMP yang baru saja selesai mengikuti ujian akhir dan kini sedang menimbang-nimbang SMA yang hendak dituju. Tak sedikit yang masih bimbang dan ragu. Jika masih bimbang, tak salah mempertimbangkan SMAS Pariwisata PGRI Dawan Klungkung atau dikenal dengan sebutan SMAS Paris Klungkung.

SMAS Paris merupakan salah satu SMA swasta favorit di Kabupaten Klungkung. Sekolah ini kini sudah memasuki usia 39 tahun. Sebuah usia yang cukup matang dan tentu saja kaya pengalaman.

Kepala SMAS Paris, IBG Parwita menjelaskan sekolah yang dipimpinnya menawarkan sejumlah keunggulan yang layak dipertimbangkan. Dia merumuskan keunggulan itu sebagai “5 plus 7 keunggulan SMAS Paris”. Angka 57 memang angka keramat bagi SMAS Paris karena markas sekolah ini di Jalan Flamboyan 57 Semarapura. Lokasi yang sangat strategis, di pusat kota sehingga gampang dijangkau.

Adapun “5 plus 7 keunggulan SMAS Paris” itu, yakni sebagai berikut.

5 keunggulan

  • SMA plus pariwisata dengan lokasi strategis di pusat kota.
  • Biaya pendidikan terjangkau dan tidak dipungut uang gedung.
  • Fasilitas berbagai beasiswa bagi siswa.
  • Tenaga pendidik dan kependidikan yang kredibel.
  • Ruang belajar, praktik, dan laboratorium yang memadai.

7 keunggulan plus pariwisata

  • Jurusan yang dibuka menyesuaikan dengan kebutuhan hotel.
  • Tenaga pendidik di bidang kepariwisataan memiliki pengalaman sebagai praktisi kepariwisataan yang sudah berpengalaman.
  • Tersedianya fasilitas laboratorium pariwisata berstandar internasional.
  • Siswa mendapatkan orientasi awal mengenai proses operasional di masing-masing jurusan dan adanya table manner.
  • Job training di hotel-hotel berbintang di Bali.
  • Layanan dan bimbingan karier bagi alumni.
  • Tempat training dicarikan oleh pihak sekolah dan diantar jemput.

“Alumni SMAS Paris sudah terbukti terserap di pasar kerja pariwisata. Bahkan, sebagian juga ada yang mandiri mendirikan dan mengelola usaha sendiri, seperti di bidang kuliner, jasa, perdagangan dan lainnya,” kata IBG Parwita.

Salah seorang alumni SMAS Paris, Kadek Arya Sudiantara misalnya, mendirikan usaha kuliner Dapur Rumah Pangat di kawasan Tihingan, Klungkung. Warung yang didirikan awal tahun 2020 saat pandemi Covid-19 itu terbilang ramai. Arya mengaku keterampilannya memasak hingga membuatnya berani membuka usaha kuliner karena ilmu dan pembelajaran di SMAS Paris. “SMA Paris yang telah membuat saya mencintai dunia kuliner,” ujar Arya.

SMAS Paris menerapkan kurikulum merdeka belajar dengan menawarkan lima kompetensi keahlian. Di antaranya (1) Food and Beverage Production (FBP), (2) Food and Beverage Service (FBS), (3) House Keeping (HK), (4) Front Office (FO), dan (5) Solus Per Aqua (Spa).

Setelah tamat, lulusan SMAS Paris akan mendapatkan sejumlah fasilitas, di antaranya (1) ijazah sesuai jurusan, (2) sertifikat pendidikan keterampilan pariwisata, (3) sertifikat melaksanakan orientasi ke hotel, (4) sertifikat on the job training dari hotel, dan (4) sertifikat kursus komputer. “Dengan bekal sertifikat kompetensi di bidang pariwisata dan komputer itu, lulusan SMAS Paris siap mengisi berbagai posisi pekerjaan di bidang pariwisata,” imbuh Wakasek Humas, I Wayan Sudiartha.

Boleh jadi karena itu, siswa SMAS Paris mengaku senang menjalani pendidikan di SMAS Paris. Salah seorang siswa SMAS Paris, Ni Kadek Mahadewi mengatakan bahwa SMA Paris telah banyak memberi.

“Teman-teman saya di sini, baik guru-guru juga familiar, memberi edukasi dan motivasi yang baik dalam belajar ataupun menjalani kehidupan. SMA Paris telah banyak memberi sehingga sulit saya lupakan,” kata Mahadewi yang juga mantan Ketua OSIS SMAS Paris.

SMAS Paris tidak hanya dikenal di Kabupaten Klungkung, namun juga hingga ke Karangasem, Bangli, dan Gianyar. Mereka juga mampu berprestasi di tingkat kabupaten, bahkan provinsi.

Karena itu, adik-adik lulusan SMP yang akan melanjutkan ke jenjang SMA, tidak perlu ragu untuk memilih SMAS Paris. Dengan pengalaman yang panjang serta “5 plus 7 keunggulan” yang dimiliki, SMAS Paris merupakan pilihan pas. Oh ya, sama persis dengan nama majalah sekolah SMAS Paris: PAS (Paris Anak Sekolah).

Tunggu apa lagi? Ayo segera mendaftar ke SMAS Paris. Informasi lebih lanjut bisa datang ke SMAS Paris di Jalan Flamboyan 57 Semarapura, nomor telepon (0366) 21506 atau WA 087866777157.

Mau intip sekolahnya dulu? Boleh saja. Silakan kunjungi https://smaparispgriklungkung.sch.id/, atau kunjungi instagramnya di @sma_paris, facebook: SMAPARISKLUNGKUNG atau kanal youtube: SMA PARIS Klungkung.

  • Laporan: berita pariwara
  • Foto: SMAS Paris Klungkung
  • Penyunting: Ketut Jagra
Artikel ini telah dibaca 230 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Keragaman Fantasi dalam Festofantasy HUT ke-39 SMA Paris

20 Agustus 2023 - 05:24 WITA

Edukasi Kesejahteraan Hewan, Ajak Anak-anak Kenali Zoonosis

18 Agustus 2023 - 22:44 WITA

MPLS di SMA Paris Klungkung, Siswa Baru Diajak Jauhi Perundungan

15 Juli 2023 - 11:47 WITA

Kolaborasi Pasraman Citta Dharma Santi dan LPD Kedonganan Gelar “Pangruwatan Sapuh Leger”

29 April 2023 - 19:01 WITA

Hujan Tangis Warnai Apel Puputan Klungkung SMA Paris

28 April 2023 - 23:30 WITA

Pasraman Saraswati Legian Meriahkan Pawai Ogoh-ogoh di Beachwalk Kuta

21 Maret 2023 - 11:08 WITA

Trending di Bali Pariwara