Menu

Mode Gelap
Nyoman Weda Kusuma: Dari Tukang Sapu Pasar ke Guru Besar Usai Ngeroras, Desa Adat Kusamba Nuntun ke Goa Lawah dan Besakih Upacarai 223 Puspa, Ngeroras di Kusamba Dihadiri Ribuan Krama Benarkah Modal LPD dari Pemerintah? Upacarai 185 Sawa, 48 Patulangan Diarak Menuju Setra

Rerahinan · 10 Apr 2015 23:05 WITA ·

Tumpek Wayang, Hari Kesenian ala Bali


					Seorang dalang sedang mementaskan pertunjukan wayang. Perbesar

Seorang dalang sedang mementaskan pertunjukan wayang.

Orang Bali amat memuliakan kesenian. Ketaqwaan orang Bali ditunjukkan dengan laku berkesenian. Nyaris tidak ada ritual keagamaan orang Bali yang tidak mendapat sentuhan kesenian. Bagi orang Bali, kesenian ibarat nafas, sesuatu yang tak terpisahkan dalam diri mereka.

Saking pentingnya arti kesenian, orang Bali mengenal tradisi perayaan khusus untuk memuliakan kesenian. Tradisi itu dikenal dengan nama hari Tumpek Wayang. Ini perayaan yang jatuh setiap 210 hari sekali, tepatnya pada Saniscara Kliwon wuku Wayang. Berdasarkan perhitungan kalender Bali, perayaan itu jatuh Sabtu (11/4) hari ini.

Dosen Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar, I Made Wiradnyana mengungkapkan secara tradisional, Tumpek Wayang sering juga disebut sebagai Tumpek Ringgit. Hal ini berkaitan erat dengan pemahaan masyarakat Bali mengenai Tumpek Wayang sebagai upacara terhadap segala jenis reringgitan (dalam bahasa Jawa Kuna, ringgit berarti ‘wayang’).

Namun, dalam lontar Sundarigama disebutkan, Tumpek Wayang sebagai pemujaan terhadap Sang Hyang Widhi Wasa dalam manifestasi sebagai Sang Hyang Iswara, penguasa dalam bidang kesenian. Dari sinilah muncul pemahaman mengenai Tumpek Landep sebagai hari kesenian ala Bali.

“Yang diupacarai saat Tumpek Wayang bukan hanya wayang, tapi juga gong, gender, angklung, saron, kentongan, dan benda-benda seni lain,” kata Wiradnyana.

Barangkali karena berkaitan dengan upacara terhadap segala jenis benda-benda seni tabuh itulah lantas muncul pemaknaan baru terhadap Tumpek Wayang sebagai pembelajaran demokrasi ala Bali. Seni tabuh atau gamelan Bali yang melibatkan banyak unsur mencerminkan semangat keharmonisan dalam keberagaman. Keharmonisan melahirkan keindahan sehingga menghadirkan kepuasan di hati penonton.

Keharmonisan dalam gamelan Bali lahir dari perpaduan berbagai unsur yang beragam, berbeda-beda. Setiap unsur berperan sesuai porsi dan proporsinya (swadharma). Tidak ada yang lebih dominan karena semua berperan, semua berkontribusi. Manakala salah satu mendominasi yang lain, keharmonisan terganggu. Keindahan gamelan pun rusak. (b.)

  • Penulis: I Ketut Jagra
Artikel ini telah dibaca 74 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

“Nyaagang” di Klungkung, “Masuryak” di Tabanan: Tradisi Unik Hari Kuningan

18 Juni 2022 - 14:29 WITA

Magalung di Kampung: Sembahyang Subuh, Munjung ke Kuburan, Malali ke Pesisi

8 Juni 2022 - 16:31 WITA

Tiga Jenis Otonan dalam Tradisi Bali

26 Mei 2022 - 00:57 WITA

Tari Rejang: Warisan Bali Kuno, Simbol Keindahan dan Kesucian

4 Juni 2021 - 22:50 WITA

“Bahan Roras”, Pelaksana Harian Pemerintahan Adat di Tenganan Pagringsingan

2 Juni 2021 - 21:23 WITA

Makare-kare Tenganan Pagringsingan

Kancan Roras, Kepemimpinan Ulu Apad di Penglipuran

31 Mei 2021 - 21:53 WITA

Angkul-angkul Penglipuran
Trending di Desa Mawacara