Menu

Mode Gelap
Pelajaran Bahasa Bali, Menggali Kuburan Kata-kata Nyoman Weda Kusuma: Dari Tukang Sapu Pasar ke Guru Besar Usai Ngeroras, Desa Adat Kusamba Nuntun ke Goa Lawah dan Besakih Upacarai 223 Puspa, Ngeroras di Kusamba Dihadiri Ribuan Krama Benarkah Modal LPD dari Pemerintah?

Bali Jani · 8 Apr 2014 21:19 WITA ·

Dugaan Politik Uang Warnai Pemilu Legislatif di Bali


					Dugaan Politik Uang Warnai Pemilu Legislatif di Bali Perbesar

Teks: I Made Sujaya, Foto: Repro hukum.kompasiana.com

Pemilihan umum (pemilu) legislatif di Bali pada Rabu (9/4) hari ini diwarnai dengan dugaan praktik politik uang (money politics) dari para calon anggota legislatif (caleg). Hal ini tercermin dari laporan pelanggaran pemilu ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bali yang didominasi kasus politik uang.

Ketua Bawaslu Provinsi Bali, Ketut Rudia di sela-sela apel kesiapan pengawasan pemilu di Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali, Renon, Selasa (8/4) menjelaskan laporan dugaan politik uang itu berasal dari berbagai daerah di Bali, seperti Buleleng, Karangasem, Badung dan Bangli. Namun, Bawaslu tidak merinci berapa jumlah laporan politik uang yang masuk dan bentuk-bentuk politik uang itu.
Di Bangli, kasus dugaan politik uang terungkap dilakukan salah satu caleg dari salah satu partai peserta pemilu di Desa Landih, Bangli. Panwaslu Bangli menemukan sedikitnya Sembilan warga menerima uang Rp 100.000 disertai bujukan untuk memilih salah satu caleg.
Panwaslu Bangli kini menangani kasus dugaan politik uang itu. Bawaslu Bali juga memantau kasus politik uang di Bangli ini. Lembaga ini bertekad memberantas kasus politik uang karena mencederai demokrasi.  (b.)
http://feeds.feedburner.com/balisaja/pHqI
Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Usai Ngeroras, Desa Adat Kusamba Nuntun ke Goa Lawah dan Besakih

4 September 2022 - 09:52 WITA

Upacarai 223 Puspa, Ngeroras di Kusamba Dihadiri Ribuan Krama

31 Agustus 2022 - 12:40 WITA

Upacarai 185 Sawa, 48 Patulangan Diarak Menuju Setra

19 Agustus 2022 - 08:50 WITA

Patung Angsa Terbesar di Indonesia Jadi Ikon Bendungan Tamblang

8 Agustus 2022 - 18:20 WITA

Pascapandemi, LPD Kedonganan Mantapkan Transformasi Tata kelola dan Kaderisasi

6 Agustus 2022 - 16:40 WITA

Perjanjian Adat Sekala-Niskala Bisa Minimalisasi Kegagalan Kredit di LPD

26 Juli 2022 - 17:19 WITA

Trending di Bali Jani