Menu

Mode Gelap
Kebun Jagung di Beranda Kelas: Catatan dari Pelatihan Menulis bagi Guru dan Siswa SMKN 1 Petang Digelar 23-25 Juli 2024, Rare Bali Festival Usung Tema “Tribute to Made Taro” Mengenang Kembali Dedikasi Maestro I Gusti Nyoman Lempad Integrasi Literasi dalam Pembelajaran dan Digital Kultur: Workshop Literasi-Numerasi SMPN 1 Selemadeg Timur Tunduk Pada Pararem, LPD Kedonganan Terapkan Laporan Keuangan Adat

Bali Jani · 2 Jan 2024 22:14 WITA ·

Bulan Bahasa Bali VI Jalan Terus, Tapi di Hari Coblosan “Prai” Sejenak


					Rapat persiapan Bulan Bahasa Bali VI di Kantor Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, 2 Januari 2024. Perbesar

Rapat persiapan Bulan Bahasa Bali VI di Kantor Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, 2 Januari 2024.

Kendati pun bertepatan dengan penyelenggaraan Pemilu 2014, Bulan Bahasa Bali (BBB) VI tetap jalan terus. Pemerintah Provinsi Bali melalui Dinas Kebudayaan memutuskan tetap menggelar ajang pelestarian bahasa, aksara, dan sastra Bali itu 1 Februari – 2 Maret 2024.

“BBB VI pasti ada di tahun 2024 ini. Rapat persiapan telah dilaksanakan sekaligus menjawab keraguan serta pertanyaan-pertanyaan yang ada di masyarakat mengenai apakah BBB itu masih berlangsung atau tidak,” kata Plt. Kepala Bidang Sejarah dan Dokumentasi Kebudayaan Dinas Kebudayaan Bali, I Wayan Ria Arsika, S.S. saat dikonfirmasi, Selasa, 2 Januari 2024.

Namun, imbuh Rai Arsika, karena dalam suasana pemilu, khusus pada hari coblosan, yakni 13 dan 14 Februari 2024, kegiatan BBB prai alias diluburkan sejenak. Itu sebabnya, BBB VI berlangsung hingga 2 Maret 2024. Selain itu, pada bulan Februari umat Hindu di Bali juga merayakan Hari Raya Galungan.

BBB VI mengangkat tema “Jana Kerthi Dharma Sadhu Nuraga” yang bermakna Bulan Bahasa Bali merupakan altar pemuliaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali sebagai sumber kebenaran, kebijaksanaan dan cinta kasih untuk memperkuat jati diri krama Bali. Tema ini diterjemahkan ke dalam enam agenda, yakni wimbakara (lomba), sasolahan (seni pertunjukkan), widyatula (seminar), kriyaloka (workshop) dan reka aksara (pameran). Tahun ini juga tetap diberikan penghargaan Bali Kerthi Nugraha Mahottama kepada tokoh penggiat sastra.

Pembukaan dimeriahkan dengan Festival Nyurat Lontar yang menghadirkan 500 orang peserta, dan Festival Ngetik Aksara Bali dengan keyboard aksara Bali dengan melibatkan sebanyak 200 orang peserta. Sementara dalam agenda wimbakara (lomba) disajikan 20 lomba. “Lomba akan dibagi menjadi dua kategori, yakni lomba yang pesertanya perwakilan kabupaten/Kota (6 Lomba) dan lomba yang diikuti oleh masyarakat umum (14 Lomba),” bebernya.

Untuk sasolahan (seni pertunjukkan) akan dipentaskan lima kali pertunjukan, dengan rincian pertunjukan pembukaan dengan lakon “Smaradahana”, pertunjukkan penutupan dengan lakon “Andabhuwana”, panggung apresiasi sastra dengan lakon “Jaratkaru”. Panggung apresiasi sastra ini akan mementaskan kesenian wayang. Widyatula (seminar) akan dilaksanakan dua kali, yakni seminar bahasa, aksara dan sastra Bali. Seminar diisi pula bedah lontar dengan judul “Wreti Sesana/Dharma Kahuripan/Putra Sesana/Sila Krama”.

Kriyaloka (workshop) juga diselenggarakan dua kali, yaitu lokakarya pengembangan aksara dan pasang aksara Bali serta workshop drama Bali modern. Sementara reka aksara (pameran) mengambil tema “Dharmakriya Transformasi Bahasa, Aksara dan Sastra Bali dalam Teknologi Kreatif”. Pameran akan diikuti oleh perajin, penenun, pangusada, dan sebagainya.

“Untuk Bali Kerthi Nugraha Mahottama, penerimanya dua orang. Proses seleksinya dimulai dengan usalan dari masing-masing kabupaten/kota. Masing-masing kabupaten/kota mengirimkan dua nama sebagai calon penerima penghargaan, lalu diseleksi oleh tim penilai,” jelas Ria Arsika. (*)

  • Laporan: I Made Radheya
  • Foto: I Made Radheya
  • Penyunting: I Made Sujaya
Artikel ini telah dibaca 92 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Digelar 23-25 Juli 2024, Rare Bali Festival Usung Tema “Tribute to Made Taro”

27 Juni 2024 - 22:23 WITA

Mengenang Kembali Dedikasi Maestro I Gusti Nyoman Lempad

27 Juni 2024 - 21:18 WITA

Tunduk Pada Pararem, LPD Kedonganan Terapkan Laporan Keuangan Adat

26 Februari 2024 - 15:18 WITA

Bebantenan, Cara Manusia Bali Menjaga Alam Semesta

23 Februari 2024 - 23:22 WITA

SMAN 1 Ubud dan SMAN 2 Semarapura Juarai Lomba Bulan Bahasa Bali di UPMI Bali

17 Februari 2024 - 18:57 WITA

Lewat Film “Home”, Sinematografer Bali Raih Nominasi Emmy Awards

15 Desember 2023 - 22:14 WITA

Trending di Bali Jani