Menu

Mode Gelap
Integrasi Literasi dalam Pembelajaran dan Digital Kultur: Workshop Literasi-Numerasi SMPN 1 Selemadeg Timur Tunduk Pada Pararem, LPD Kedonganan Terapkan Laporan Keuangan Adat Bebantenan, Cara Manusia Bali Menjaga Alam Semesta SMAN 1 Ubud dan SMAN 2 Semarapura Juarai Lomba Bulan Bahasa Bali di UPMI Bali Bulan Bahasa Bali VI Jalan Terus, Tapi di Hari Coblosan “Prai” Sejenak

BALI ADVERTORIAL · 25 Feb 2018 23:02 WITA ·

Pembelajaran di SMK Cakra Nusantara Selaras dengan Revolusi Industri 4.0


					Pembelajaran di SMK Cakra Nusantara Selaras dengan Revolusi Industri 4.0 Perbesar

Kebangkitan baru di era industri kini dikenal dengan Revolusi Industri 4.0, yang ditandai dengan terjadinya penyatuan berbagai kemajuan teknologi. Inovasi bergerak cepat dan semua serba terkoneksi. Menjadi era internet of things bahkan internet of everything. SMK Penerbangan Cakra Nusantara telah mengimplementasikan hal tersebut ke dalam sistem proses pembelajaran maupun sistem output di antaranya di www.smkpenerbangan.sch.id, www.koperasisekolah.co.id, www.pedulipendidikan.org, www.sanggartaribali.com, www.bursakerjapenerbangan.com.

Dunia usaha dan dunia industri serta berwawasan internasional menjadi tujuan utama SMK Cakra Nusantara. Industri penerbangan menjadi salah satu industri yang menjanjikan di era transportasi yang makin maju. Terdapat empat prinsip yang telah diterapkan SMK Penerbangan Cakra Nusantara dalam menyongsong Industri 4.0 di antaranya interoperabilitas (kemampuan terhubung internet), keterbukaan informasi (salinan virtual dan data sensor), technical assistence (bantuan teknis), dan decentralized decisions.

Implementasi yang telah diterapkan di antaranya e-learning, teleconference, sistem koordinasi internal, bursa kerja khusus online, koperasi sekolah online, PPDB online.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara menerapkan kurikulum 2013 revisi 2017 dengan komposisi 70% praktik dan 30% teori. Baik praktik maupun teori, secara keseluruhan mengacu pada industri 4.0. Semua fokus menggunakan teknologi terkini dan internet. Praktik dengan menggunakan simulator dengan teknologi ter-update dan pesawat komersil.

Sekolah ini berfokus pada lulusan yang memiliki kinerja yang terbaik, dan berkomitmen membentuk sekolah berbasis industri.  Praktik dilakukan tidak hanya di Bali melainkan di bandara, maskapai dan airport yang tersebar di seluruh Indonesia dan di luar negeri.

Adapun empat jenis jurusan yang tersedia di sekolah ini diantaranya: Otomatisasi dan Tatakelola Perkantoran (Bandara), Pemeliharaan dan Perbaikan Motor dan Rangka Pesawat Udara (Airframe Power Plant), Pemeliharaan dan Perbaikan Instrumen Elektronika Pesawat Udara (Electrical Avionics), Teknik Transmisi dan Telekomunikasi (Penerbangan). Menjadi SDM yang unggul, tangguh dan mandiri memang membutuhkan usaha yang keras pula, maka bergabunglah bersama kami di SMK Penerbangan Cakra Nusantara, di Jalan Drupadi No. 27 Denpasar atau hub. (0361) 4742600. (b./bn)

Artikel ini telah dibaca 39 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

SMK Cakra Nusantara “Link and Match” dengan DUDI

22 April 2018 - 23:32 WITA

Siswa SMK Cakra Nusantara PKL di Bandara dan Maskapai Indonesia Hingga Asia

11 April 2018 - 01:31 WITA

Belajar di SMK Cakra Nusantara Itu Seru Habis Lo!

27 Maret 2018 - 02:18 WITA

SMK Penerbangan Cakra Nusantara, Gudangnya Kompetensi

19 Maret 2018 - 23:43 WITA

Lima Alasan Memilih SMK Penerbangan Cakra Nusantara

11 Maret 2018 - 23:19 WITA

Anggota Komite III DPD RI Kunjungi SMK Cakra Nusantara

22 Februari 2018 - 22:23 WITA

Trending di BALI ADVERTORIAL